Berbagi Penuh Warna

Cara Membuat Kartu Nama Dengan Adobe Illustrator CS6

Kartu nama merupakan kartu identitas seseorang, organisasi atau perusahaan. Walaupun bentuknya yang kecil tetapi kartu nama mempunyai fungsi yang sangat besar, salah satunya digunakan untuk bekerja sama. Seorang pengusaha bisa saja kehilangan kesempatan berbisnis dengan clientnya hanya karena lupa membawa kartu nama. Kartu nama juga dapat digunakan untuk memperkenalkan sebuah organisasi, perusahaan ataupun bisnis yang sedang digeluti kepada masyarakat banyak, dengan berbagi macam sindikasi (slogan).
Disini saya akan mencoba berbagi kepada anda tentang cara membuat kartu nama dengan adobe illustrator CS6. langsung saja kita mulai proses pembuatannya.

Dalam hal pembuatan kartu nama, terdiri dari :
Nama      >> [wajib ada]
Informasi >> [alamat, no tlp., dll]
Logo       >> [bagi organisasi / instansi / bidang usaha]
Sindikasi >> [jasa yang dijual bagi instansi / visualisasi barang / bidang usaha]

Disini saya akan membuat kartu nama bidang usaha karangan saya sendiri (bila ada nama yang sama, itu sebuah ketidaksengajaan). oke!! saatnya kita membuat kartu namanya :)

  • buka adobe illustrator CS6 nya, buat dokumen baru (file -> new).
  • buat sebuah persegi panjang menggunakan Rounded Ractangle Tool (karena pada tiap-tiap sudutnya melengkung).



  • warnai dengan menggunakan gradient pilih yang fading sky.



  • tambahkan (tempatkan tanda panah disamping salah satu gradient slider, tunggu hingga tanda panah ada tanda (+) dibawahnya terus klik), atur gradient slider dan angelnya sehingga menjadi seperti ini : dengan ketentuan opacity dan location dari masing-masing gradient slider 1 (96%, 0%), 2 (93%, 12.37%), 3 (0%, 100%).

  • untuk selanjutnya kita buat sebuah ellips dengan menggunakan Ellips tool, dan beri warna dengan gradient dan pilih [orange, yellow].



  • gandakan ellips tersebut dengan cara tekan ALT + geser ellips tersebut.

  • beri warna yang berbeda pada ellips yang kedua (hasil dari penggandaan).


  • taruh ellips kedua diatas ellips ke satu tetapi tidak menutupi ellips yang pertama karena akan membuat sebuah cekungan untuk hiasan kartu namanya, kemudian block dengan menekan SHIFT + klik satu per satu ellips tersebut dan di pathfinder  pilih minus front.




  • tempelkan cekungan tersebut pada persegi panjang yang dibuat tadi, dan gunakan direct selection tool, kemudian buat cekungan tadi menempel seperti ini :



  • buat cekungan tersebut transparant dengan menggunakan Transparency yang ada disebelah kanan, dan buat opacity menjadi 90%.

  • hapus bagian atas dan bawah cekungan yang tidak perlu.
penghapusan bagian atas

penghapusan bagian bawah

hasil dari penghapusan bagian atas dan bawah
  • sekarang saatnya kita menambahkan nama (disini saya memberi nama 69 Billiard Center), alamat, sindikasi (slogan), dan informasi.

  • dan tambahkan juga sebuah logo, karena sebuah bidang usaha pasti juga memiliki sebuah logo yang memungkinkan semua orang bisa mengenali bidang usaha tersebut. Disini saya menambahkan logo yang sudah saya buat sebelumnya. logo tersebut ditempelkan dibagian kanan atas kartu nama.

  • dan hasilnya akan seperti ini :


Sekian cara membuat kartu nama dengan adobe illustrator CS6, semoga bermanfaat.
Terima Kasih :) by +Fazri Abdiana 

4 Komentar untuk "Cara Membuat Kartu Nama Dengan Adobe Illustrator CS6"

maaf gan itu angka 69 maksud nya apa ? :D

itu adalah suatu lambang kebersamaan,, jadi mksdnya di dalam organisasi itu diharapkan adanya suatu kerjasama yang baik antar lini.. :D

Back To Top