Berbagi Penuh Warna

Jenis Jenis Address yang Disediakan IPv6

Dalam IPv6 Address dapat dibagi menjadi 3 Jenis yaitu :

  • Unicast Address

Merupakan address yang ditetapkan untuk kelompok atau area tertentu dan bersifat global seperti address untuk provider dan address geografis, ditambah link-local address dan site-local address. Unicast Address digunakan untuk komunikasi satu lawan satu, dengan menunjuk satu host.


Link-local address dan Site-local address dimasukan dalam ruang address IPv6 yang masing-masing address tersebut menggunakan sekitar 1 / 1024 dari ruang address yang tersedia.
Link-local address adalah address yang dipakai dalam satu link saja. Maksudnya adalah jaringan lokal yang saling tersambung pada satu level.


Address ini dibuat secara otomatis oleh host yang belum mendapat address global, dan terdiri dari 10 + n bit prefix yang dimulai dengan "FE80" dan field sepanjang 118-n bit yang menunjukan nomor host. Link-local address digunakan pada pemberian IP Address secara otomatis, sedangkan Site-local address setara dengan private address, dan dipakai terbatas didalam site saja. Address ini dapat diberikan secara bebas, yang penting unik namun tidak bisa mengirimkan paket dengan tujuan alamat ini diluar dari site tersebut.


  • Multicast Address

Digunakan untuk komunikasi satu lawan banyak, ini dapat menujukan host dari group. Multicast Address pertama-tama akan men-set address untuk sebuah goup host. Apabila ada paket yang dikirim ke paket tersebut, maka paket itu akan dikirim ke seluruh host pada group tersebut.


Pada IPv6 ruang yang 8 bit pertamanya dimulai dengan "FF" disediakan untuk Multicast Address. Ruang ini kemudian dibagi-bagi lagi untuk menentukan range berlakunya.


Broadcast pada IPv6 sudah termasuk didalam Multicast Address. Broadcast address untuk komunikasi dalam segment yang sama dipisahkan oleh gateway, sama halnya dengan Multicast Address yang dipisah berdasarkan range tujuan.


  • Anycast Address

Pada IPv6, Anicast Address adalah fasilitas tambahan baru yang tidak terdapat pada IPv4. Pada address jenis ini, sebuah address diberikan kepada beberapa host  untuk mendefinisikan kumpulan node. Jika ada paket yang dikirim ke addres ini, maka router akan mengirim paket tersebut ke host terdekat yang memiliki Anycast Address yang sama.


Anycast Address umumnya digunakan pada beberapa server yang memberikan layanan seperti DNS (Domain Name Server). Dengan memberikan Anycast Address yang sama pada server-server tersebut, maka bila ada paket yang dikirim oleh client ke address ini, maka router akan memilih server terdekat dan mengiirim paket ke server yang dimaksud sehingga beban terhadap server dapat terdistribusi secara merata.
Pada Anycast ini tidak tersedia ruang khusus. Bila beberapa host diberikan sebuah address yang sama, maka address tersebut dianggap sebagai Anycast Address.

Sebuah host tidak hanya selalu diberikan satu alamat (address) dari ketiga tipe address diatas, tapi bisa saja diberikan beberapa addres. Misalnya memiliki sekaligus Unicast Address, Link-local Address, dan Anycast Address.


Terima Kasih, Semoga Bermanfaat by +Fazri Abdiana 
Tag : Jaringan
2 Komentar untuk "Jenis Jenis Address yang Disediakan IPv6"

Back To Top