Berbagi Penuh Warna

Perbedaan Intranet, Extranet dan Internet


Intranet adalah sebuah komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor, dengan aplikasi berbasis web dan tekhnologi data seperti internet (bahkan warung internet (warnet) pun dapat dikategorikan sebagai intranet).

Jika sebuah badan usaha/bisnis/institusi mengekspose sebagian dari jaringan internalnya ke komunikasi di luar, maka hal ini yang disebut dengan Extranet. Antar intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya melalui sambungan internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah intranet tidak perlu sambungan luar ke internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP dan aplikasinya sehingga kita memiliki "private" internet.

Biasanya tidak semua isi intranet dikeluarkan ke publik untuk menjadikan intranet sebagai extranet. Badan usaha/perusahaan dapat memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakkan firewall. Firewall sendiri adalah sebuah perangkat lunak/perangkat keras yang mengatur akses seseorang kedalam intranet atau akses user di dalam jaringan lokal ke jaringan luar.

Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter jaringan, apakah itu dari aplikasi, IP Address, no port, dll. Jika firewall diaktifkan maka akses dapat dikontrol sehinga kita hanya dapat mengakses sebagians saja dari intranet perusahaan tersebut. Sedangkan Internet itu sendiri merupakan koneksi jaringan komputer global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun berbeda mesin dan sistem operasi. Teknologi komunikasi datanya terdiri dari berbagai model dan platform, namun dapat saling terhubung dengan protokol TCP/IP dan aplikasi berbasis web.




Semoga Bermanfaat by +Fazri Abdiana 
Tag : Jaringan
0 Komentar untuk "Perbedaan Intranet, Extranet dan Internet"

Back To Top