Berbagi Penuh Warna

Sejarah Singkat Bahasa C dan C++


  • Sejarah Singkat Bahasa C
Pencipta bahasa C adalah Brian W. Kernighan dan Denis M. Ritchi, sekitar tahun 1972. Penulisan pemrograman pada bahasa C dilakukan dalam membagi blok-blok, sehingga bahasa C disebut bahasa terstruktur. Bahasa C dapat digunakan di berbagai mesin dengan mudah, mulai dari PC sampai dengan mainframe, dengan berbagai sistem operasi (DOS, UNIX, VMS, dll).
Bahasa pemrograman C merupakan bahasa pemrograman yang dapat dikatakan berada diantara bahasa beraras rendah dan beraras tinggi. Bahasa beraras rendah artinya bahasa yang berorientasi pada mesin dan bahasa beraras tinggi artinya bahasa yang beraras pada manusia. Bahasa beraras rendah, bahasa ini ditulis dengan sandi yang dimengerti oleh mesin saja, sedangkan bahasa beraras tinggi merupakan bahasa yang memerlukan kecermatan yang teliti bagi pemrograman karena perintahnya harus rinci, ditambah lagi masing-masing pabrik mempunyai sandi perintah sendiri. Bahasa beraras tinggi relatif mudah digunakan, karena ditulis dengan bahasa manusia sehingga mudah dimengerti dan tidak tergantung mesinnya.
  • Sejarah Singkat Bahasa C++
Bahasa C++ dikembangkan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Labs pada awal 1980-an sebagai pengembangan dari bahasa C. Pada mulanya bahasa ini dikenal sebagai "C with Classes". Nama C++ digunakan sejak 1983, setelah diusulkan oleh Rick Mascitti. Pada tahun 1985 bahasa ini mulai disebarluaskan oleh AT&T dengan mengeluarkan perangkat lunak cfront yang berfungsi sebagai C++ translator.
Perancangan bahasa C++ didasarkan pada bahasa C, Simula67, Algol68, dan Ada. Bahasa C++ memperluas kemampuan bahasa C dalam beberapa hal, yaitu :
Memberikan dukungan untuk menciptakan dan memanfaatkan abstrasi data.
Memberikan dukungan untuk object-oriented programing.
Memperbaiki kemampuan yang ada pada bahasa C.



Semoga Bermanfaat by +Fazri Abdiana 
Tag : Pemrograman
0 Komentar untuk "Sejarah Singkat Bahasa C dan C++"

Back To Top