Berbagi Penuh Warna

Sejarah dan Piranti Klien LAN Nirkabel


>> Sejarah Jaringan Nirkabel

Seperti halnya teknologi lainnya, jaringan nirkabel spread spectrum berasal dan lahir dari kalangan militer. Karena militer memerlukan metode yang sederhana, mudah diterapkan dan juga aman untuk pertukaran data diwilayah pertempuran. Ketika biaya teknologi nirkabel menurun sementara mutu terus meningkat, maka biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mengintegrasikan segmen nirkabel kedalam jaringan mereka semakin murah. Teknologi nirkabel memberikan cara yang relatif murah untuk menghubungkan bangunan kampus satu sama lain tanpa harus memasang kabel tembaga ataupun serabut. Pada era sekarang teknologi nirkabel sudah diterapkan pada teknologi jaringan para pebisnis, walaupun baru sebagian karena dapat menghemat dan juga memberikan fleksibilitas penjelajahan. Para pengguna rumah juga diuntungkan oleh biaya yang rendah dan ketersediaan perangkat kerasnya.

Saat ini banyak orang menciptakan jaringan nirkabel hemat biaya yang mampu mengambil keuntungan mobilitas yang nyaman dan menciptakan kantor pusat ataupun stasiun nirkabel. Karena jaringan nirkabel meningkat (demikian juga pembelian dan penerapannya) maka biaya pabrik perangkat keras menurun drastis sehingga jumlah pemasangan jaringan nirkabel terus meningkat. Pengurus operasi jaringan nirkabel juga menitikberatkan pada interoperabilitas dan kompatibilitas. Ketika jumlah pemakai semakin bertambah, ketiadaan suatu kompatibilitas mungkin akan membuat jaringan nirkabel menjadi tidak berguna, dan ketiadaan interoperabilitas mungkin akan menganggu kesesuaian operasi dengan jaringan lainnya.

>>Standar Jaringan Nirkabel

Standar ini diciptakan oleh sekelompok orang yang mewakili banyak organisasi yang berbeda, termasuk organisasi akademis, bisnis, militer dan pemerintah. Karena standar yang terpasang permanen oleh IEEE dapat berdampak pada pengembangan teknologi tersebut, standar itu dapat memakan waktu bertahun-tahun untuk diciptakan dan mendapat persetujuan. Karena standar ini adalah basis dari jaringan nirkabel, berikut diantaranya :
1. IEEE 802.11 ==> standar jaringan nirkabel asli yang menetapkan kecepatan transfer data yang paling  lambat pada RF dan teknologi transmisi yang light-based. Standar ini telah disahkan oleh IEEE tahun 1997.
2. IEEE 802.11b ==> menguraikan kecepatan trasfer data yang sedikit lebih cepat dan suatu lingkup yang lebih terbatas tentang teknologi transmisi. Standar ini juga telah dipromosikan secara luas dengan nama WIFI oleh WI-FI Allliance. Standar ini telah disahkan oleh IEEE tahun 1999 sebagai pengembangan dari standar IEEE 802.11 yang asli.
3. IEEE 802.11a ==> menguraikan transfer data yang lebih cepat dibandaingkan IEEE 802.11b, menggunakan frekuensi 5 GHz UNII. Standar ini telah disahkan oleh IEEE tahun 1999 sebagai pengembangan dari standar IEEE 802.11 yang asli.
4. IEEE 802.11g ==> standar ini menyediakan kecepatan maksimum yang sama dengan standar IEEE 802.11a, ditambah dengan kompatibilitas kebelakang untuk perangkat-perangkat yang mengikuti standar 802.11b, yang berarti bahwa perangkat yang mendukung 802.11g juga dapat bekerja pada 802.11b. Standar ini juga menawarkan bandwitch yang tinggi (54 Mbps throughput maksimum, 30 Mbps dalam praktek) pada rentang frekuensi 2,4 GHz.

>>Piranti Klien LAN Nirkabel

Istilah piranti klien mencakup beberapa piranti LAN Nirkabel yang oleh titik akses dikenali sebagai klien pada suatu jaringan. Piranti-piranti ini meliputi :
  1. PCMCIA dan Kartu Flash
  2. Ethernet dan Serial Converters
  3. USB Adapters
  4. PCI dan ISA Adapters
Klien LAN Nirkabel merupakan end-user nodes seperti dekstop, laptop, atau PDA yang membutuhkan konektivitas nirkabel kearah infrastruktur jaringan nirkabel. Piranti klien LAN Nirkabel yang dicantumkan di atas memberikan konektivitas untuk klien LAN Nirkabel. Dan perlu diketahui juga bahwa pabrik hanya membuat kartu radio dalam dua format fisik. Format itu adalah PCMCIA serta Compact Flash (CF). Semua kertu radio sudah terpasang (oleh pabrik) dalam format kartu ini dan kemudian terkoneksi dengan adapter seperti PCI, ISA, USB, dan sebagainya.



Semoga Bermanfaat by +Fazri Abdiana
Tag : Jaringan
0 Komentar untuk "Sejarah dan Piranti Klien LAN Nirkabel"

Back To Top