Berbagi Penuh Warna

Pengertian Internet Control Message Protocol (ICMP)

Internet Control Message Protocol (ICMP) adalah salah satu inti dari Internet Protocol Suite yang berguna di Internet Protocol (IP) jaringan management dan administrasi, kontrol pesan dan kesalahan pelaporan protocol antara server host dan gateway ke internet. ICMP menggunakan Internet Protocol (IP) datagrams, tetapi pesan diproses oleh perangkat lunak IP dan tidak langsung jelas bagi pengguna aplikasi. ICMP merupakan unsur yang dibutuhkan dari IP implementasi.


ICMP adalah protokol kontrol, yang berarti hal itu tidak membawa data aplikasi, melainkan tentang status jaringan itu sendiri. ICMP dapat digunakan untuk melaporkan :
  • kesalahan dalam komunikasi yang mendasari aplikasi jaringan
  • ketersediaan remote host
  • kemacetan jaringan
ICMP merupakan bagian yang diperlukan dari setiap implementasi IP. ICMP menangani kesalahan dan kontrol pesan untuk IP. Protokol ini memungkinkan gateway dan host untuk mengirim laporan masalah untuk mesin pengirim paket. Berikut beberapa hal yang dilakukan ICMP :
  • Tes, apakah tujuan hidup atau terjangkau
  • Masalah laporan parameter dengan header datagram
  • Melakukan sinkronisasi jam dan waktu transit estimasiMemperoleh alamat internet dan subnet mask
ICMP memberikan umpan balik masalah dalam lingkungan komunikasi, tetapi tidak membuat IP diandalkan, artinya ICMP tidak menjamin bahwa sebuah paket IP disampaikan atau bahwa pesan ICMP dikembalikan ke host sumber ketika sebuah paket IP tidak disampaikan atau disampaikan tidak benar. Pesan ICMP mungkin dikirim dalam salah satu situasi berikut :
  • Ketika sebuah paket tidak dapat mencapai tujuannya
  • Ketika sebuah host gerbang tidak memiliki kapasitas buffer untuk meneruskan  paket
  • Ketika gateway dapat mengarahkan host untuk mengirimkan lalu lintas pada rute yang lebih pendek
ICMP tertanam dalam kernel, dan tidak ada Antarmuka Pemrograman Aplikasi (API) yang diberikan kepada protokol ini. Meskipun pesan ICMP yang terkandung dalam IP standar, pesan ICMP biasanya diproses sebagai kasus khusus, dibedakan dari pengolahan IP biasa, bukan diproses sebagai sub-protokol IP. Dalam banyak kasus, perlu untuk memriksa isi dari pesan ICMP dan memberikan pesan kesalahan yang sesuai dengan aplikasi yang dihasilkan paket IP asli. Salah satu yang mengirim paket yang mendorong pengiriman pesan ICMP. Banyak utilitas jaringan umum digunakan didasarkan pada pesan dari ICMP.

Header ICMP dimulai setelah header IPv4 dan diidentifikasi dengan nomer protokol '1'. Semua paket ICMP akan memiliki header 8 byte dan data variabel ukuran 4 byte pertama dari header akan konsisten. Byte pertama adalah untuk jenis ICMP., byte kedua adalah untuk kode ICMP, byte ketiga dan keempat adalah checksum dari seluruh pesan ICMP. Isi sisa 4 byte header akan bervariasi berdasarkan jenis ICMP dan kode.

Pesan kesalahan ICMP berisi bagian data yang mencakup header IP seluruhnya ditambah 8 byte pertama data dari paket IP yang menyebabkan pesan kesalahan. Paket ICMP kemudian dienkapsulasi dalam paket IP baru. Jenis-jenis ICMP sebagaimana ditentukan dibawah ini :
  • Kode --> subtipe dengan jenis tertentu
  • Checksum --> kesalahan memeriksa data, dihitung dari header ICMP dan data.
  • Rest of Header --> empat bidang byet, akan bervariasi berdasarkan jenis ICMP dan kode.




Semoga bermanfaat by +Fazri Abdiana 
Tag : Jaringan
0 Komentar untuk "Pengertian Internet Control Message Protocol (ICMP)"

Back To Top